membuat konversi bilangan menuJOptionPane JAVA

09.32

Pada postingan kali ini saya akan membahas tentang bagaimana membuat menu konversi bilangan dengan JOptionPane di JAVA.

Proses kerja program ini : awal akan muncul inputan nama , kemudian muncul inputan gender dan setlah di sisi semua maka akan keluar main menu dengan tombol konversi yang telah disediakan kemudian jika dipilih salah satunya makan akan keluar input box dengan mengisikan angka yang akan kita konversi. setelah itu hasil konversi akan muncul pada alert box sama seperti saat kita keluar dari input gender atau input nama.

Baiklah ini penjelasan programnnya :

1. Buka netbean dan klik kanan pada folder yang disediakan klik new java class. kemudian beri nama misal 'menuJOptionPane'. stelah itu ketikkan code dibawah ini dibawah package ---;


2. kemudian ketikkan code di bawah ini di bawah public class menuJOptionPane. untuk mendeklarasikan method-method yang akan kita buat nantinya.



3. Kemudian ketikkan kembali code dibawah ini tepat berada dibawah script code di atas. code dibawah ini fungsinya untuk code konverter, dan juga tampilan atau out running dari apa yang akan muncul saat proses running dari Input nama, input desimal dan konverternya.



4. Ketikkan kembali code dibawah ini dan juga berada dibawah code diatas. code dibawah ini fungsinya adalah untuk tampilan dan kinerja main menu dari program kita kali ini.



5. Ketikkan code dibawah code diatas. fungsi code dibawah ini adalah code ini akan terjadi jika ada proses konversi dari angka yang di inputkan ke angka "terbilang"(atau  proses dari button terbilang") dan juga main method yang memanggil main menu JOption. dan juga termasuk proses konversi gender inputan L/P menjadi sist atau brow.



Dan out running yang terjadi pada program adalah seperti ini :
a. awal running (shift+f6) adalah muncul inputan nama yang harus di isi dan bila di close atau di cancel akan muncul pesan pemberitahuan bahwa pengguna wajib mengisi form tersebut. #mekso? iya :P



b. Setelah mengisi data dan klik OK maka akan pindah form yaitu ke form gender yang mengisikan L atau P , kemudian jika tidak terisi (cancel atau close) maka akan keluar pesan pemberitahuan yang mengharuskan pengguna mengisi data form. 


c. kemudian akan muncul notifikasi tentang nama dan panggilan anda sebagai laki laki atau perempuan. yang jika klik OK maka akan langsung menuju tampilan main menu. 


d. dibawah ini adalah main menu, dengan button yang berisikan konverter : des to Biner , des to Hexa, des to Oktal.  dan ada juga konverter terbilang dan pecahan. dan ada kembali, keluar.
untuk button kembali jika diklik akan muncul atau beralih kembali pada input form nama dan jika klik OK akan merubah nama pada main menu ini selamat datang sist --- (nama). dan keluar untuk langsung mengakhiri proses running program.


e. Kemudian saya akan coba running konverternya disini saya memilih salah satu konverter yaitu oktal. maka akan muncul input form bilangan desimal. Klik OK untuk melihat hasil.

f. Kemudian hasil dari input bilangan desimal diatas akan berada pada pesan pemberitahuan dan angka hasilnya akan tertera pada netbean running. 




g. Kemudian kembali ke main menu kita pilih button "terbilang" maka akan muncul input angka dan hasil terbilang dari angka yang kita inputkan. 
  


h.Kemudian kita pilih button " pecahan" maka akan muncul sama seperti form "terbilang" namun hasilnya berbeda yaitu perhitungan nilai yang di inputkan di pisah atau dipecah berdasarkan angka penggunaanya #bingung? liat hasilnya aja deh . nih :D



demikian penjelasannya semoga bermanfaat dan Happy Blogging :D

You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook