Konversi Bilangan Biner, Hexa, Oktal dengan PHP

06.06

Pada Kesempatan kali ini saya akan membahas tentang konversi bilangan decimal menjadi biner atau oktal atau hexa.
        Proses program ini adalah pada tampilan awal form login : nama dan jenis kelamin kemudian setelah di klik button login akan berpindah ke form selanjutnya yaitu pengisian form konverter.
Baiklah itu pembukaannya dan mari kita simak proses pembuatannya.
Baiklah kita mulai tahapnya :




1. Buka netbeans (IDE.7.1.2 yang saya gunakan)
2. Pilih File > New Project > Categories : pilih PHP : PHP application > klik kanan pada file yang tersedia (biasanya source file) > new > PHP web page  dengan nama "Validator.php".


3. Tuliskan code berikut diatas html 



4. Selanjutnya ketikkan code berikut dibawah html>. Berikan judul pada form yang akan anda buat , berikan judul diantara  tittle dan  /tittle  misal berikan nama : Form Login. 



5. Kemudian tuliskan code berikut di bawah tag body> pada file Validator.php. Namun sebelumnya anda buat terlebih dauhlu New PHP Web Page dengan nama File  'PHPkonversiBilangan.php'. kemudian edit code 'form action="PHPkonversiBilangan.php" method="post" name="form1"' pada code dibawah ini . action diganti sesuai dengan nama file.php yang dituju.



6. Kemudian sekarang kita beralih ke file.php yang telah kita buat tadi . yaitu yang telah kita beri nama PHPkonversiBilangan.php. ketikkan kode dibawah ini di atas html



7. kemudian ketikkan code dibawah ini antara head dan /head



8. Terakhir ketikkan code dibawah ini dibawah body



Selesai Program kita :D
Kemudian jalankan program ini :D buka pada dile validator.php : Shift+F6, kemudian akan running file.php ini akan berjalan di browser default.
a. dibawah ini adalah tampilan awal from yang telah kita buat tadi.
b. kemudian saya akan mencoba mengisikan data yang kurang lengkap, dengan hanya mengisikan nama dan tidak mengisikan radiobtn atau jenis kelamin. maka akan muncul alert box seperti dibawah ini 



c. Setelah saya klik Login maka akan muncul form baru yaitu form konverter . dan isikan bilangan desimal kemudian pilih jenis konverter yang sesuai klik 'konversikan'. Maka akan muncul hasil dibawah button 'konversikan'. 


d. Akan terjadi proses yang sama apabila ada yang belum terisi yaitu muncul alert box pemberitahuan.


e. klik reset button dan akan kembali ke form awal 'login atau berada pada file 'validator.php'




You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook