secuil tentang attitude :D
08.05Mau bahas dikit neh tentang attitude :) atau bisa disebut juga sikap :)
Sikap:
- suka -> mendekat, mencari tahu, bergabung
- tidak suka -> menghindar, menjauhi
Definisi:
1. berorientasi kepada respon
: sikap adalah suatu bentuk dari perasaan, yaitu perasaan mendukung atau memihak (favourable) maupun perasaan tidak mendukung (Unfavourable) pada suatu objek
2. berorientasi kepada kesiapan respon
: sikap merupakan kesiapan untuk bereaksi terhadap suatu objek dengan cara-cara tertentu, apabila dihadapkan pada suatu stimulus yang menghendaki adanya respon.
: suatu pola perilaku, tendenasi atau kesiapan antisipatif untuk menyesuaikan diri dari situasi sosial yang telah terkondisikan.
3. berorientasi kepada skema triadik
: sikap merupakan konstelasi komponen-komponen kognitif, afektif, dan konatif yang saling berinteraksi dalam memahami, merasakan, dan berperilaku terhadap suatu objek di lingkungan sekitarnya.
Secara sederhana sikap didefinisikan :
Ekspresi sederhana dari bagaimana kita suka atau tidak suka terhadap beberapa hal.
Cth: sikap dalam kehidupan sehari-hari pada:
iklan
parpol
opini
Pembentukan Sikap
Faktor-faktor yang mempengaruhi pembentukan sikap:
1. Pengalaman pribadi
Dasar pembentukan sikap: pengalaman pribadi harus meninggalkan kesan yang kuat
Sikap mudah terbentuk jika melibatkan faktor emosional
2. Kebudayaan
Pembentukan sikap tergantung pada kebudayaan tempat individu tersebut dibesarkan
Contoh pada sikap orang kota dan orang desa terhadap kebebasan dalam pergaulan
3. Orang lain yang dianggap penting (Significant Otjhers)
Misalnya: orangtua, pacar, suami/isteri, teman dekat, guru, pemimpin
Umumnya individu tersebut akan memiliki sikap yang searah (konformis) dengan orang yang dianggap penting.
4. Media massa
Media massa berupa media cetak dan elektronik
Dalam penyampaian pesan, media massa membawa pesan-pesan sugestif yang dapat mempengaruhi opini kita
Jika pesan sugestif yang disampaikan cukup kuat, maka akan memberi dasar afektif dalam menilai sesuatu hal
hingga membentuk sikap tertentu
5. Institusi / Lembaga Pendidikan dan Agama
Institusi yang berfungsi meletakkan dasar pengertian dan konsep moral dalam diri individu
Pemahaman baik dan buruk, salah atau benar, yang menentukan sistem kepercayaan seseorang hingga ikut berperan dalam menentukan sikap seseorang
6. Faktor Emosional
Suatu sikap yang dilandasi oleh emosi yang fungsinya sebagai semacam penyaluran frustrasi atau pengalihan bentuk mekanisime pertahanan ego.
Dapat bersifat sementara ataupun menetap (persisten/tahan lama)
Contoh: Prasangka (sikap tidak toleran, tidak fair)
Faktor-faktor Perubah Sikap
Perubahan Sikap dipengaruhi oleh tiga faktor, yaitu:
1. Sumber dari pesan
o Sumber pesan dapat berasal dari: seseorang, kelompok, institusi
o Dua ciri penting dari sumber pesan:
a. Kredibilitas
semakin percaya dengan orang yang mengirimkan pesan, maka kita akan semakin menyukai untuk dipengaruhi oleh pemberi pesan.
Dua aspek penting dalam kredibilitas, yaitu:
- Keahlian keahlian dan kepercayaan saling berkaitan
- Kepercayaan
Tingkat kredibilitas berpengaruh terhadap daya persuasif
b. Daya Tarik
Kredibilitas masih perlu ditambah daya tarik agar lebih persuatif
2. Pesan (Isi pesan)
oUmumnya berupa kata-kata dan simbol-simbol lain yang menyampaikan informasi
o Tiga hal yang berkaitan dengan isi pesan:
a. Usulan
suatu pernyataan yang kita terima secara tidak kritis
pesan dirancang dengan harapan orang akan percaya, membentuk sikap, dan terhasut dengan apa yang dikatakan tanpa melihat faktanya
Cth: iklan di TV
b. Menakuti
cara lain untuk membujuk adalah dengan menakut-nakuti
Jika terlalu berlebihan maka orang menjadi takut, sehingga informasi justru dijauhi
c. Pesan Satu sisi dan dua sisi
Pesan satu sisi paling efektif jika orang dalam keadaan netral atau sudah menyukai suatu pesan
Pesan dua sisi lebih disukai untuk mengubah pandangan yang bertentangan
3. Penerima Pesan
o Beberapa ciri penerima pesan:
a. Influenceability
sifat kepribadian seseorang tidak berhubungan dengan mudahnya seseorang untuk dibujuk, meski demikian:
- anak-anak lebih mudah dipengaruhi daripada orang dewasa
- orang berpendidikan rendah lebih mudah dipengaruhi daripada yang berpendidikan tinggi
b. Arah Perhatian dan Penafsiran
Pesan akan berpengaruh pada penerima, tergantung dari persepsi dan penafsirannya
yang terpenting : pesan yang dikirim ke tangan orang pertama, mungkin dapat berbeda jika info sampai ke penerima kedua.
Terimakasih :)
happy blogging :D
sumber : http://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&sqi=2&ved=0CGQQFjAA&url=http%3A%2F%2Fnurul_q.staff.gunadarma.ac.id%2FDownloads%2Ffiles%2F9095%2Fbab1-sikap-1.pdf&ei=1p4WUIXzMszorQf-k4HoCg&usg=AFQjCNFzRg6vBj3X7iPZNEWA4e2ATY1hVQ&sig2=WpgAJJRTgNUqk_LLGM_Lng
0 komentar