secuil tentang attitude :D

08.05



Mau bahas dikit neh tentang attitude :) atau bisa disebut juga sikap :)

Sikap:
- suka -> mendekat, mencari tahu, bergabung
- tidak suka -> menghindar, menjauhi
Definisi:
1. berorientasi kepada respon
         : sikap adalah suatu bentuk dari perasaan, yaitu perasaan mendukung atau memihak (favourable) maupun perasaan tidak mendukung (Unfavourable) pada suatu objek
2. berorientasi kepada kesiapan respon
         : sikap merupakan kesiapan untuk bereaksi terhadap suatu objek dengan cara-cara tertentu, apabila dihadapkan pada suatu stimulus yang menghendaki adanya respon.
         : suatu pola perilaku, tendenasi atau kesiapan antisipatif untuk menyesuaikan diri dari situasi sosial yang telah terkondisikan.
3. berorientasi kepada skema triadik
         : sikap merupakan konstelasi komponen-komponen kognitif, afektif, dan konatif yang saling berinteraksi dalam memahami, merasakan, dan berperilaku terhadap suatu objek di lingkungan sekitarnya.
Secara sederhana sikap didefinisikan :
Ekspresi sederhana dari bagaimana kita suka atau tidak suka terhadap beberapa hal.
Cth: sikap dalam kehidupan sehari-hari pada:
􀃆 iklan
􀃆 parpol
􀃆 opini


Pembentukan Sikap


Faktor-faktor yang mempengaruhi pembentukan sikap:
1. Pengalaman pribadi
     􀃆 Dasar pembentukan sikap: pengalaman pribadi harus meninggalkan kesan yang kuat
     􀃆 Sikap mudah terbentuk jika melibatkan faktor emosional
2. Kebudayaan
     􀃆 Pembentukan sikap tergantung pada kebudayaan tempat individu tersebut dibesarkan
     􀃆 Contoh pada sikap orang kota dan orang desa terhadap kebebasan dalam pergaulan
3. Orang lain yang dianggap penting (Significant Otjhers)
     􀃆 Misalnya: orangtua, pacar, suami/isteri, teman dekat, guru, pemimpin
     􀃆 Umumnya individu tersebut akan memiliki sikap yang searah (konformis) dengan orang yang dianggap penting.

4. Media massa
     􀃆 Media massa berupa media cetak dan elektronik

     􀃆 Dalam penyampaian pesan, media massa membawa pesan-pesan sugestif yang dapat mempengaruhi opini kita
     􀃆 Jika pesan sugestif yang disampaikan cukup kuat, maka akan memberi dasar afektif dalam menilai sesuatu hal
     􀃆 hingga membentuk sikap tertentu
5. Institusi / Lembaga Pendidikan dan Agama
     􀃆 Institusi yang berfungsi meletakkan dasar pengertian dan konsep moral dalam diri individu
     􀃆 Pemahaman baik dan buruk, salah atau benar, yang menentukan sistem kepercayaan seseorang 􀃆 hingga ikut berperan dalam menentukan sikap seseorang
6. Faktor Emosional
     􀃆 Suatu sikap yang dilandasi oleh emosi yang fungsinya sebagai semacam penyaluran frustrasi atau pengalihan bentuk mekanisime pertahanan ego.
     􀃆 Dapat bersifat sementara ataupun menetap (persisten/tahan lama)
     􀃆 Contoh: Prasangka (sikap tidak toleran, tidak fair)


Faktor-faktor Perubah Sikap


Perubahan Sikap dipengaruhi oleh tiga faktor, yaitu:
1. Sumber dari pesan
    o Sumber pesan dapat berasal dari: seseorang, kelompok, institusi
    o Dua ciri penting dari sumber pesan:
a. Kredibilitas
􀃆 semakin percaya dengan orang yang mengirimkan pesan, maka kita akan semakin menyukai untuk dipengaruhi oleh pemberi pesan.
􀃆 Dua aspek penting dalam kredibilitas, yaitu:
- Keahlian keahlian dan kepercayaan saling berkaitan
- Kepercayaan
􀃆 Tingkat kredibilitas berpengaruh terhadap daya persuasif
b. Daya Tarik
􀃆 Kredibilitas masih perlu ditambah daya tarik agar lebih persuatif

2. Pesan (Isi pesan)
oUmumnya berupa kata-kata dan simbol-simbol lain yang menyampaikan informasi
o Tiga hal yang berkaitan dengan isi pesan:
a. Usulan
􀃆 suatu pernyataan yang kita terima secara tidak kritis
􀃆 pesan dirancang dengan harapan orang akan percaya, membentuk sikap, dan terhasut dengan apa yang dikatakan tanpa melihat faktanya
􀃆 Cth: iklan di TV
b. Menakuti
􀃆 cara lain untuk membujuk adalah dengan menakut-nakuti
􀃆 Jika terlalu berlebihan maka orang menjadi takut, sehingga informasi justru dijauhi
c. Pesan Satu sisi dan dua sisi
􀃆 Pesan satu sisi paling efektif jika orang dalam keadaan netral atau sudah menyukai suatu pesan
􀃆 Pesan dua sisi lebih disukai untuk mengubah pandangan yang bertentangan
3. Penerima Pesan
o Beberapa ciri penerima pesan:
a. Influenceability
􀃆 sifat kepribadian seseorang tidak berhubungan dengan mudahnya seseorang untuk dibujuk, meski demikian:
- anak-anak lebih mudah dipengaruhi daripada orang dewasa
- orang berpendidikan rendah lebih mudah dipengaruhi daripada yang berpendidikan tinggi
b. Arah Perhatian dan Penafsiran
􀃆 Pesan akan berpengaruh pada penerima, tergantung dari persepsi dan penafsirannya
􀃆 yang terpenting : pesan yang dikirim ke tangan orang pertama, mungkin dapat berbeda jika info sampai ke penerima kedua.

Terimakasih :)
happy blogging :D
sumber : http://www.google.co.id/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1&sqi=2&ved=0CGQQFjAA&url=http%3A%2F%2Fnurul_q.staff.gunadarma.ac.id%2FDownloads%2Ffiles%2F9095%2Fbab1-sikap-1.pdf&ei=1p4WUIXzMszorQf-k4HoCg&usg=AFQjCNFzRg6vBj3X7iPZNEWA4e2ATY1hVQ&sig2=WpgAJJRTgNUqk_LLGM_Lng





You Might Also Like

0 komentar

Like us on Facebook